Tuesday, August 25, 2009

Mobil Suzuki Inginkan Mobil Hijau Murah

Produsen mobil Suzuki mengaku mendambakan mobil ramah lingkungan yang murah sehingga terjangkau oleh masyarakat Australia.

General Manager Suzuki Australia Tony Devers mengatakan pihaknya menginginkan pemerintah membuat kebijakan pemberian insentif pada mobil ramah lingkungan.

Tony mencontohkan bahwa di sejumlah negara maju seperti Prancis, Belgia, dan Italia yang memberikan bonus bagi mobil yang menghasilkan emisi gas buang kurang dari 130g/km gas karbon dioksida (CO2).

Jika pemerintah Australia bisa menerapkannya dalam waktu dekat maka mobil Suzuki akan menjadi merek mobil pertama di Australia yang memasarkan mobil hijau termurah di Australia. mobil Suzuki Alto yang rencananya akan masuk bulan Agustus mendatang dengan prediksi harga US$ 13.000 atau sekitar Rp 130 jutaan. Alto mengusung mesin tiga silinder 1.0 litre dan hanya menghasilkan emisi gas buang 113g/km gas CO2. Selain itu mobil ini juga memiliki fitur keamanan dan keselamatan terdepan dengan dilengkapi side curtain airbag dan stability control.

Tony menyayangkan bahwa Australia berada di belakang beberapa negara maju lainnya dalam hal emisi gas buang. Dalam survei terakhir ABS Survey oleh Motor Vehicle Use menunjukkan bahwa rata-rata pengguna kendaraan di Australia menghasilkan emisi gas buang 250 gram CO2 setiap mengendarai kendaraanya per satu kilometer. Hal ini berbeda dengan apa yang dilakukan oleh pemerintah Jerman yang sudah menerapkan pemberian penghargaan bagi konsumen mobil ramah lingkungan.

No comments:

Post a Comment